10 Tips Beli Sofa Vol. 1

    Membeli furniture dengan harga terjangkau dengan kualitas yang baik itulah yang dicari banyak orang. Tetapi terkadang menjadi sebuah masalah karena banyaknya berbagai pilihan jenis dan fungsi dari barang-barang tersebut. Misalkan sofa, kebanyakan orang terkadang mengalami kekeliruan dalam membeli sofa. Terkadang mereka membeli dengan ukuran, model, dan bentuk yang tidak sesuai dengan ruang di rumahnya. Malah terkadang mereka harus merogoh kantong lebih dalam hanya untuk mendapatkan sesuatu yang belum tentu akan sangat berguna untuk mereka. Dalam hal itu, dibawah ini adalah cara membeli sofa yang baik dan tepat untuk kebutuhan rumah Anda.


1. Frame atau rangka dari sebuah sofa



    Kerangka sofa merupakan fondasi yang menunjukan seberapa kuat sofa itu. Jika saat digunakan atau digoyangkan terasa sangat goyah dan berbunyi, itu membuktikan bahwa sofa tersebut kurang kuat dan tidak akan tahan lama. Sedangkan jika sofa itu tidak goyah dan berbunyi, maka sofa tersebut terbukti kuat dan akan tahan lama.

    Dan pastikan juga jika menggunakan kerangka besi ataupun kayu, pastikan bahwa sudut / edge dari rangka-rangka itu bersudut tumpul.


2. Penyambungan kerangka kayu



    Kerangka sebuah sofa haruslah tersambung dengan pola yang saling menjepit kuat. Jika hanya saling direkatkan satu sama lain dengan menggunakan lem dan perekat sejenis, maka dapat dipastikan sambungan seperti itu tidak akan tahan lama dan mudah lepas.

 

3. Keempukan sofa


    Sofa yang nyaman bukan hanya berarti sofa yang empuk. Penggunaan spring pada sofa membuatnya lebih nyaman untuk diduduki. Tapi bukan berarti sofa tanpa spring tidak. Tentu dengan atau tanpa spring terlihat sangat berbeda, terutama dari segi harga. Sofa yang menggunakan spring rata-rata memiliki harga ynag lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak. Tetapi kalau dari segi kebutuhan untuk ruangan, sofa yang sangat empuk dan soft lebih cocok untuk diletakan di ruang keluarga, sedangkan sofa yang nyaman tetapi tidak terlalu empuk dapat diletakan pada ruang tamu.

 

4. Ukuran



    Anda harus memerhatikan ukuran sofa yang akan Anda beli dengan kebutuhan dan space yang tersedia di rumah Anda. Jika Anda membeli sofa 3-seater untuk sebuah apartement minimalis, itu hanya akan membuat Anda kehilangan banyak space.

    Perhatikan juga ketinggian punggung sofa, jangan biarkan pandangan Anda terganggu oleh sofa yang memiliki ketinggian pungung di atas rata-rata. Carilah sofa dengan ukuran standart dan berkonsep.

Tinggi tempat duduk sofa juga harus pas. Pada saat duduk, kaki tidak boleh sampai menggantung. Dan juga kedalaman sofa juga harus cukup untuk menampung seluruh badan saat duduk.

 

5. Bahan yang digunakan