5 Tips Berbelanja Furniture Online

Zaman sekarang semua sudah serba canggih, sampai-sampai orang tidak perlu lagi beranjak keluar rumah untuk berbelanja. “Online Shopping”, itulah istilah yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. Tapi bagaimana dengan istilah furniture online shopping?, “apa itu furniture online shopping?”, istilah itulah yang belakangan ini lebih ramai dibicarakan. Bayangkan saja, furniture yang biasanya kita beli secara langsung kini sudah dapat kita lakukan secara online. Tentu hal ini akan lebih beresiko, tetapi disisi lain hal ini akan jauh lebih mudah dibandingkan jika kita harus membeli langsung di toko. Selain membuang biaya dalam perjalanan, waktu pun juga dapat terbuang terutama jika kita berada di kota-kota besar seperti Jakarta yang disetiap penjuru kotanya dipadati oleh kendaraan bermotor.

    Oleh karena itu berbelanja furniture secara online menjadi solusi yang terbaik. Tetapi bagaimana kita dapat mengetahui apakah toko furniture online tempat kita berbelanja adalah toko yang baik? Jika kita berbicara tentang toko furniture online, kita tidak boleh melihat dari segi fisik atau tampilannya saja. Sebagai seorang customer, kita harus teliti dan mempelajari sistem apa yang diterapakan dalam penjualannya. Selain itu, keamanan saat kita bertransaksi juga harus terjamin oleh seller. Inilah tips jitu saat berbelanja furniture secara online ! 



1. Cari Tahu Tentang Seller Furniture


    Sebelum Anda mulai berbelanja furniture di sebuah toko online, pastikan terlebih dahulu bahwa website tersebut aman dan terpercaya. Dalam hal nama, biasanya web tersebut menggunakan domain sendiri, bukan menggunakan nama seperti blogspot dan sejenisnya. Dan didalamnya, mereka harus memiliki nomor telepon dan alamat yang jelas.

    Agar kita lebih yakin, kita dapat melihat beberapa testimoni atau komentar para pembeli pada web tersebut. Atau bisa juga kita meminta saran, referensi, dan pengalaman dari kerabat dan sahabat yang mungkin sebelumnya pernah berbelanja furniture secara online.

    Dan biasanya toko-toko online, terutama furniture, akan mudah ditemukan pada google search engine. Dengan begitu kita bisa lebih KEPO dengan website yang kita tuju.



2. Sistem & kebijakan saat berbelanja


    Pada umumnya, toko online mengharuskan calon pembelinnya SignUp / LogIn sebelum melakukan transaksi. Hal in dibutuhkan agar pihak seller dapat mengetahui siapa customernya, dan kemana barang pesanannya harus diantar. Meski demikian, kita sebagai pembeli tetap harus waspada dan berhati-hati dalam mengisi data.

    Selain sistem yang aman, barang-barang yang dapat dibeli pun sebaiknya juga memiliki. Karena jika terjadi hal-hal tidak diinginkan customer dapat mengklaim untuk penukaran atau perbaikan.

    Beberapa website furniture juga menawarkan update seputar produk melalui email. Biasanya kita hanya perlu mendaftar menjadi subscriber toko furniture tersebut dengan memasukan alamat email. Web seller akan mengirimkan update dan info terbaru secara daily, weekly, or monthly.




3. Payment Gateaway


    Nah, untuk hal yang satu ini kita harus sangat berhati-hati. Pastikanlah kita menggunakan payment gateaway yang bertanggung jawab dan sudah terbukti keamanannya. Cara mencari tahunya adalah dengan mempelajari dan mencari referensi dari sumber-sumber terpercaya seperti kerabat dan google. Biasanya pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit (visa / master card), ATM Transfer, E-money, dan E-banking. Diluar dari itu mungkin masih ada cara lain seperti membayar di tempat. Tapi untuk berbelanja furniture, biasanya tidak menggunakan metode pembayaran ditempat.



4. Biaya & Sistem Pengiriman furniture


    “ongkos kirim”, itulah istilah yang biasa digunakan oleh pihak pengirim barang. Tapi kita tidak perlu khawatir, karena di era yang canggih seperti sekarang ini, segala kemungkinan telah dapat dikalkulasi oleh komputer, bahkan untuk biaya kirim. Jika memang sebuah toko online menyebutkan biaya pengirimin, itu adalah hasil kalkulasi jarak dari seller menuju customer.

    Tidak sedikit pula toko furniture online yang menggratiskan biaya pengirimannya, karena diantar langsung oleh pihak toko. Tapi biasanya ini hanya berlaku untuk daerah sekitar, seperti JABODETABEK. Diluar dari itu mungkin akan ada biaya kirim sesuai berat barang, karena biasanya akan menggunakan pihak pengirim terpercaya, seperti JNE, Tiki, POS Indonesia, dan masih banyak lagi. Lamanya waktu kirim telah ditentukan dan biasanya terdapat pada keterangan produk yang Anda beli. Tetapi kita tidak perlu khawatir, karena biasa barang yang kita pesan bisa sampai lebih cepat dari waktu yang ditentukan.




5. Order has Arrived


    Inilah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu kedatangan furniture yang kita pesan. Perasaan ragu dan khawatir selama menunggu barangpun telah terhapus oleh kedatangannya. Tetapi kita tidak boleh terlalu excited, barang yang sudah sampai sebaiknya langsung kita check. Jika memang barang tersebut adalah furniture yang harus dirakit, maka rakitlah terlebih dahulu, atau bila pihak toko ikut mengirimkan, mintalah bantuan mereka.

    Setelah furniture siap pakai, periksalah kembali apakah terdapat kecacatan pada sistem dan fisik furniture. Jika terdapat kecacatan yang sudah tidak dapat diperbaiki, maka kita harus mengklaim garansi yang kita dapatkan. Jika masih bisa diperbaiki, mintalah pihak toko memperbaikinya.

    Saat barang diterima, simpanlah struk yang diberikan. Hal ini digunakan untuk memperjelas pada saat mengklaim garansi. Tidak ada salahnya jika kita memberikan tip kepada pengirim ataupun pengrakit.

 

Itulah 5 tips jitu saat kita akan berbelanja online.

Semoga bermanfaat.

 

Be a good shopper ! ;)

Subscribe Enter your email address to subscribe and receive notifications of new posts by email.

Recommended Products