Mendekorasi Ruangan Vol. 1

Fungsional


Dekorasi sebuah ruang dalam rumah Anda tidak hanya dilihat dari segi keindahan semata. Karena sesungguhnya untuk mencapai keindahan yang maksimal dibutuhkan beberapa aspek, diantaranya dari segi fungsi, mood atau perasaan, dan kepribadian Sang pemilik rumah.


Sebelum Anda menata rumah Anda, sebaiknya Anda mencari berbagai macam referensi dari berbagai sumber, seperti dari Internet, majalah desain, atau mungkin masukan dari para desainer, untuk memperoleh sebuah konsep yang dapat menggambarkan suasana hati dan menggambarkan kepribadian Anda dalam sebuah ruang.


Untuk tahap pertama, kita akan membahas Fungsi yang ada di dalam sebuah ruangan.




Focal Point atau Titik fokus, dalam sebuah ruang terdapat titik fokus yang dapat membuat siapapun yang memasuki ruangan itu akan tertuju pada titik fokus tersebut. Dan untuk membuat sebuah titik fokus, ada titik fokus alami yaitu seperti sebuah perapian atau mungkin jendela dengan pemandang luar yang sangat indah. Tetapi adapula titik fokus yang mudah untuk dibuat, yaitu dengan memajang lukisan atau gambar-gambar indah atau sedikit eksentrik di dinding atau bisa dengan menggunakan area rug yang yang colorful.


         


            Furniture, Anda harus mempertimbangkan penggunaan furniture dalam rumah atau ruang-runag di rumah Anda. Dari segi fungsionalnya, apakah sebuah furniture dapat membantu untuk melengkapi kebutuhan ruangan Anda, atau furniture tersebut hanya memakan ruang di rumah Anda sehingga membuat aktivitas Anda terbatas? Hal semacam inilah yang harus kita pertimbangkan dalam mendekorasi sebuah ruangan. Jika Anda kesulitan menemukan furniture yang dapat melengkapi segala kebutuhan dan membantu segala aktivitas di rumah Anda, cobalah Anda menggunakan furniture yang lebih efisien tetapi multifungsi.




            Pencahayaan, dalam sebuah ruangan, cahaya berfungsi untuk menerangi ruangan sesuai dengan fungsinya. Misalnya, untuk menerangi ruang belajar atau perpustakaan rumah sebaiknya menggunakan lampu belajar. Untuk menerangi ruang keluarga Anda, gunakanlah lampu yang tidak menyorot langsung. Dan berikanlah lampu aksen untuk memperjelas detail pada dinding ataupun ornament lainnya.



            Penataan Furniture, untuk memastikan semua barang berada di tempat yang tepat, buatkanlah sebuah sketsa yang menggambarkan ruangan yang akan Anda dekor ulang. Gambarlah furniture yang akan Anda gunakan pada tempat yang sesuai, sesuaikan posisi dan keserasiaannya dengan ruangan Anda. Pastikan juga keseimbangan antara tinggi-rendahnya setiap barang dan juga berat atau ringannya. Menggambar sebelum diterapkan dapat mempermudah dalam penempatan setiap barang, dibandingkan jika kita harus memindahkan barang jika kita merasa posisinya kurang tepat. Setelah floorplan selesai, kita baru bisa mulai menata barang-barang tersebut.

Subscribe Enter your email address to subscribe and receive notifications of new posts by email.

Recommended Products